Arti SU,BO, D, dan Beberapa Rating Pada Acara Televisi

Dalam menonton acara pada televisi tentu menjadi kegemaran di kalangan semua usia. Dari anak-anak hingga orang tua suka menonton acara pada saluran televisi. Namun pada dasarnya acara yang disiarkan televisi terdapat beberapa rating dalam penayangannya. Kategorinya ialah kategori acara yang ditonton untuk kalangan anak-anak atau orang tua, karena ada beberapa acara yang tidak baik ditonton oleh anak-anak. Penulis sewaktu kecil kerap bingung dengan tulisan SU, BO atau yang lainnya yang terdapat pada bawah atau dibagian pojok layar televisi. Seiring bertambahnya usia penulis paham, ternyata tulisan kecil itu merupakan rating atau kategori acara yang cocok untuk penonton dengan berdasarkan usia. Peratingan ini tentu sangat membantu orang tua yang sering menonton bersama anak-anak, dengan melihat rating acara maka orang tua dapat memilih acara mana yang baiknya ditonton bersama anaknya. Berikut beberapa rating yang kerap muncul di televisi Indonesia.

a. SU : Semua umur, acara yang ditayangkan adalah untuk semua umur. Dari anak-anak hingga dewasa tidak apa-apa menontonnya.
b. A : Anak, acara atau tayangan untuk anak-anak. Kisaran usianya 7-12 tahun. Terkadang beberapa televisi menggunakan kode A7+.
c. BO : Bimbingan Orang Tua, acara yang mengharuskan adanya bimbingan orang tua, karena ada beberapa adegan yang kurang sesuai untuk anak ataupun remaja. Peran orang tualah yang membantu menjelaskan dan juga menasehati agar tidak meniru adegan dalam tayangan acara  TV yang ditonton.
d. A-BO : Anak-Bimbingan Orang Tua, acara untuk anak namun harus didampingi orang tua. Karena ada beberapa adegan yang butuh pengawasan dari orang tua.
e. R : Remaja, acara atau tayangan untuk kalangan remaja atau anak yang beranjak remaja. Kisaran umurnya 13-17 tahun.
f. R-BO : Remaja-Bimbingan Orang Tua, acara untuk remaja namun harus adanya bimbingan orang tua. Dengan adanya orang tua tentu dapat sambil menasehati anaknya yang sedang menonton acara remaja yang sedikit kurang mendidik.
g. D : Dewasa, acara yang biasanya mengandung kekerasan berdarah seperti perang dan masih banyak lagi yang hanya pantas dilihat orang dewasa, kategori dewasa ialah 18 tahun ke atas atau 18+. Acara dengan rating D biasanya tayang dari pukul 22.00 sampai 03.00 dini hari.


Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan rating pada acara televisi kita, bahkan jika kita menonton bioskop pun ada ratingnya. Jadi untuk menyaksikan film tentu harus perhatikan terlebih dahulu rating acaranya agar sesuai dan layak untuk kita tonton bersama. Terima kasih dan sukses selalu untuk pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing MITO Fantasy A250 Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss A75 Winner Y Max Via Research Download.exe.

Cara Flash Nokia 6 TA-1021 Via QFIL

Cara flash Update Advan S7 Via Research Download.exe