Perbedaan Netto, Bruto dan Tara

Haii terimakasih sudah kepoin blog ini yang kali ini akan membahas arti Netto, Brutto dan Tara. Kenapa penulis tertarik membahas ketiga istilah ini? Ini awalnya penulis yang dulu saat kecil sering jajan dan sering melihat bungkus pada jajanan itu misalnya makanan ringan ada tulisan Netto 8 gram. Bukan hanya di satu jajanan saja, melainkan di semua bungkus jajanan. Karena saat itu masil kecil jadi penulis hanya yah biarkan sajalah dengan rasa penasaran yang masih kurang. Namun ketika remaja dan bisa dikatakan sekaranglah hehe, penulis sudah mulai penasaran apa sih arti Netto itu, dan semoga kalian juga punya penasaran yang cukup tinggi, walaupun untuk hal kecil semacam ini. Baiklah langsung aja yuk mari kita bahas.

1)      Netto
Netto merupakan berat bersih, yaitu berat suatu barang yang hanya dihitung isinya saja tidak beserta tempatnya. Jadi bisa dikatakan jika terdapat suatu permen memiliki berat bersih 8 gram berarti berat permennya 8 gram, karena netto merupakan berat bersih yang tidak menghitung tempat barangnya melainkan isi barangnya saja.

2)      Bruto
Bruto bisa dikatakan lawan katanya netto. Karena netto adalah berat bersih dan bruto merupakan lawan kata dari netto. Jadi bruto artinya adalah berat kotor, yaitu berat suatu barang yang dihitung isi barang beserta tempat barangnya. Bruto disini menghitung seluruh bagian barangnya, dari isi barang hingga tempat barangnya.

3)      Tara
Nah kalo tara merupakan potongan berat, yaitu berat tempat suatu barangnya saja. Jadi Tara disini hanya berat bungkus atau kemasan sebuah jajanannya saja tidak isinya.

Berdasarkan referensi yang penulis baca di blog ruang guru, ternyata ketiga istilah ini terdapat rumus untuk menghitung beratnya. Berikut rumusnya
1.       Menghitung Netto = Bruto – Tara
2.       Menghitung Bruto = Netto + Tara
3.       Menghitung Tara = Bruto – Netto

Oke gaess sekian pembahasan kali ini, mungkin penulis kurang memberikan contoh berupa angka-angka dalam menghitungnya, disini harap maklum penulis sedikit kurang dalam hitung-hitungan oleh sebab itu penulis mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam kuliah hehe. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat

Referensi:
Blog.ruangguru.com 

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing MITO Fantasy A250 Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss A75 Winner Y Max Via Research Download.exe.

Cara flash Update Advan S7 Via Research Download.exe