Perbedaan Simpati Dengan Empati

Bersimpati dan berempati pada orang lain adalah salah satu sikap yang baik untuk kita sebagai sesama manusia. Dengan memiliki kedua rasa tersebut menandakan bahwa kita adalah makhluk sosial yang saling peduli dengan satu sama lain. Namun pernahkah muncul dibenak kita apakah yang kita rasakan adalah rasa simpati atau empati yang pada dasarnya kedua kata ini memiliki arti yang berbeda. Dan mungkinkah kita pernah keliru menyebutkan bahwa kita bersimpati pada seseorang yang padahal kita berempati padanya ataupun sebaliknya. Nah untuk itu, yuk simak pembahasannya yang sudah penulis ringkas agar kita lebih paham dan tahu perbedaan antara simpati dengan empati.

1.Simpati
Simpati yang penulis bahas bukan merk salah satu perdana ya hehe. Berdasarkan KBBI simpati merupakan suatu perasaan (senang, susah dan sebagainya) terhadap orang lain. Untuk mudahnya simpati bisa dikatakan rasa peduli dengan turut sedih, bisa juga turut senang terhadap apa yang terjadi pada orang lain.

2. Empati
Berdasarkan KBBI, empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Lebih mudahnya, empati merupakan suatu rasa peduli yang sangat dirasakan oleh orang yang berempati karena dia pernah merasakan di posisi orang yang sedang bersedih. Bisa dilihat bukan? Jika simpati hanya luapan perasaan saja bahwa ia prihatin atau peduli dengan orang lain. Namun jika empati merupakan lebih dari simpati yaitu jika teman kita dalam keadaan sedih maka kita yang berempati akan merasakan hal yang sama dirasakan orang yang sedang bersedih itu, hal ini dikarenakan kita pernah merasakan atau pernah berada di posisi teman kita yang bersedih itu. Jadi orang yang empati biasanya bisa menempatkan posisi yang dialami orang yang dalam keadaan sulit. karena empati lebih menonjol, biasanya orang yang berempati selalu menguatkan orang yang sedang dalam keadaan sulit agar lebih kuat lagi dalam menghadapi kenyataan yang pernah dialami orang lain juga.


Bagaimana? Sudah bisa kita lihat bukan perbedaan keduanya. Bersimpati dan berempati merupakan sikap alami kita sebagai manusia sebagai makhluk sosial. Jadi kalian janganlah jadi orang yang cuek ya atau bersikap masa bodo pada sesama manusia. Jangan sungkan untuk saling menguatkan satu sama lain jika terdapat rekan kita yang sedang dalam masa sulit atau sedang larut dalam kesedihan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mampir lagi ke artikel yang lainnya ya. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing MITO Fantasy A250 Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss A75 Winner Y Max Via Research Download.exe.

Cara flash Update Advan S7 Via Research Download.exe