Perbedaan Dermaga dan Pelabuhan


  pelabuhan panjang
  sumber gambar : rri.co.id

Terima kasih sudah mengklik artikel ini, kali ini penulis selaku pengembang blog tertarik untuk membahas perbedaan dermaga dan pelabuhan. Penulis tertarik membahas ini dikarenakan sewaktu penulis mengikuti  tes untuk masuk perguruan tinggi, penulis menemukan soal yang membingungkan penulis, yaitu tentang perbedaan dermaga dan pelabuhan. Dan ketika selesai ujian penulis masih terpikirkan mengenai perbedaan dermaga dan pelabuhan, setelah penulis telusuri ternyata jawaban penulis salah (wkwk). Untuk itu penulis pelajari dan telusuri agar tidak keliru  lagi dan menulis artikel ini dalam upaya untuk mencegah beberapa orang tidak keliru dan bisa membedakan antara dermaga dengan pelabuhan. Meskipun terkesan info yang sederhana namun ada unsur pentingnya untuk mengetahui ini, berikut penjelasannya.

1. Dermaga
Berdasarkan KBBI dermaga artinya tembok rendah yang memanjang di tepi pantai menjorok ke laut di kawasan pelabuhan (untuk pangkalan dan bongkar muat barang). Setelah kita lihat dari penjelasan KBBI, dapat kita simpulkan bahwa dermaga adalah tempat untuk kapal di tambatkan. Tkapal yang ditambat artinya kapal yang bersandar atau berhenti dengan diikat tali supaya tidak terhanyut ombak. Jika kendaraan di darat motor diberi standar agar tidak jatuh, mobil diberi ganjalan agar tidak mundur ketika diparkir, untuk kendaraan di laut kapal ditambatkan agar tidak hanyut. Saat kapal di dermaga, terdapat beberapa kegiatan seperti mengisi bahan bakar kapal, bongkar/muat barang ataupun penumpang, saluran untuk limbah, serta memasok air bersih.

2. Pelabuhan
Pelabuhan merupakan  tempat berlabuhnya kapal, lalu apa yang membedakan pelabuhan dengan dermaga? Pelabuhan lebih luas daripada dermaga, karena dermaga masih dalam wilayah pelabuhan. Jika di darat segala kendaraan transportasi berkumpul di terminal, bisa dikatakan pelabuhan adalah terminalnya kapal-kapal. Pelabuhan terdapat alat-alat yang dirancang khusus untuk keperluan memuat ataupun membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Berdasarkan wikipedia pelabuhan juga dapat didefinisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang air laut dan dilengkapi dengan fasilitas terminal melipputi dermaga, crane, dan gudang laut (transito).

Dari kedua pernyataan yang telah dijelaskan tentu kita dapat melihat perbedaan dari dermaga dan pelabuhan. Dermaga ternyata masih dalam cakupan pelabuhan, yang berarti pelabuhan lebih besar dari dermaga dengan beberapa fasilitas pendukung terkait bongkar muat barang pada kapal. Sedangkan dermaga merupakan tempat ditambatkannya kapal untuk melakukan beberapa kegiatan yang sering dilakukan seperti  mengisi bahan bakar dan lainnya terkait dengan bongkar muat yang telah diangkut kapal. Jadi jangan sampai salah ya untuk mengartikan dermaga dengan pelabuhan, sekian artikel kali ini jangan sungkan untuk memberi masukan ke penulis yang membangun.


Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing MITO Fantasy A250 Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss A75 Winner Y Max Via Research Download.exe.

Cara Flash Nokia 6 TA-1021 Via QFIL

Cara flash Update Advan S7 Via Research Download.exe