Apa bedanya Apel dengan Briefing? Lalu Sidak dengan Razia?

Hay gaess, oke terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini dan penasaran pada judulnya. Oke penulis selaku pengembang blog ini ingin membahas suatu kegiatan yang sering dilakukan pada pagi hari entah itu di sekolah ataupun di tempat kerja. Langsung saja tanpa basa-basi langsung saja  ke point pertama

1.       Apel
Apel sering dilaksanakan pada pagi hari, apel pagi ini merupakan semacam upacara yang tujuannya untuk memberikan pengarahan sebelum memulai pekerjaan, apel juga digunakan untuk mengawasi siapa saja yang tidak hadir atau terlambat pada pagi hari. Penulis sering denger istilah ini pada kawan yang bekerja sebagai satpam di PT atau perusahaan yang besar.

2.       Briefing
Briefing merupakan istilah bahasa inggris yang memiliki arti pengarahan, instruksi, penerangan yang ringkas. Jadi dapat disimpulkan Briefing merupakan sebuah komunikasi singkat yang bertatap muka secara langsung untuk mengarahkan dan memberi penerangan secara ringkas sebelum melaksanakan tugas. Yapp briefing merupakan suatu sistim yang dirasa paling efektif di dunia kerja untuk mengarahkan dan menjelaskan tugas tugas pekerjanya.

Dari dua penjelasan di atas dapat kita lihat perbedaan keduanya, Apel dan Briefing memang sebuah komunikasi yang dilaksanakan untuk memberikan arahan tugas pada setiap pekerja, yang membedakan ialah pelaksanaannya, Apel dilaksanakan dengan upacara sedangkan Briefing hanya dengan komunkasi singkat saja

3.       Sidak
Nah kalau yang ini sering sekali dilakukan oleh pekerja dinas, sidak tak hanya sering dilaksanakan di pasar saja, bahkan di kantor dinas pun sering dilakukan. Nah apasi arti sidak ini? Sidak merupakan akronim dari inspeksi mendadak. Inspeksi mendadak ialah pemeriksaan secara langsung tentang pelaksanaan tugas. Jadi kalau di kantor dinas sering ada sidak itu untuk mengawasi pegawai-pegawainya yang bertugas, apakah bertugas atau tidak, atau main-main dan juga memeriksa yang bolos kerja.

4.       Razia
Istilah razia ini artinya hampir rada mirip dengan sidak. Berdasarkan KBBI, razia memiliki arti pemeriksaan serentak (surat-surat kendaraan bermotor, surat televisi, dan sebagainya). Biasanya razia ini diadakan sambi menyita barang yang sekiranya tidak sesuai dengan peraturan petugas razia. Kalian sering kan melihat razia di pasar untuk memeriksa makanan yang dijual layak atau tidak, ataupun di jalan raya memeriksa surat kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Nah mungkin sudah cukup jelas dengan pengertian sidak dan razia, dan dapat kita lihat persamaan dan perbedaan keduanya. Sidak dan Razia sama-sama melakukan pemeriksaan, yang membedakan ialah sidak dilakukan secara mendadak tanpa ada rencana sebelumnya, sedangkan razia sudah direncanakan hari tanggal dan waktunya, dan juga sidak tidak menyita barang tetapi razia menyita barang yang dirasa melanggar peraturan petugas razia.


Oke gaess sekian penjelasan dari penulis, terimakasih sudah membaca sampai habis. Doakan terus penulis dapat ide-ide agar blog ini dapat terus hidup dan tidak sawangan. Hehe terimakasih.

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing Evercoss A74C Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss Winner Y Smart U50 Via Research Download.exe.

Cara Flash Asus Zenfon C Z007 Via Adb Fastboot

Arti Impak dan Infak

Cara Hardreset Samsung J4 Plus Yang Lupa Pola

Cara Mudah Flash Realme C1 Via QPST/QFIL Tool