Arti AFK, GG, Noob, Clan, Smurf, NPC dan beberapa istilah dalam game online


 Heyy gaess para gamers sejati hehe, kali ini penulis selaku pengembang blog ingin mengangkat tema game. Karena penulis juga gamers hehe mungkin tidak ada salahnya penulis membahas tentang beberapa istilah yang ada dan sering disebutkan di games. Beberapa orang sering menulis menyebutkan istilah ini tapi dia tidak tahu artinya, hehe. Yapp untuk membantu ketidak tahuan kalian pada beberapa istilah yang ada di game yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. AFK
AFK merupakan singkatan dari Away From Keyboard, yang berarti meninggalkan keyboard (tombol komputer), istilah ini digunakan oleh para gamers PC yang menyebut pemain meninggalkan permainan. Seiring perkembangan zaman istilah ini digunakan juga dalam dunia game smartphone yang menyebut pemain yang meninggalkan permainan, walaupun smartphone tidak menggunakan keyboard.

2. GG
GG merupakan singkatan dari Good Game, yang artinya permainan bagus, istilah ini digunakan untuk memuji teman setim, tim lawan atau bahkan mengejek secara halus (permainan jelek namun di katain GG).

3. GGWP
Ada juga nih GGWP, yaitu Good Game Well Played. Yang artinya sama seperti GG yang berfungsi untuk memuji teman setim atau tim lawan. Bisa dikatan arti dari GGWP ini ialah permainan yang sangat baik.

4. Noob
Setelah saya telusuri beberapa sumber di internet dan saya mula menyimpulkan, bahwa asal mula NOOB itu berasal dari kata Newbie. Newbie artinya pemain pemula yang belum mengetahui cara-cara bermain dalam gameplay yang di mainkan. Jadi bisa dikatakan namanya pemula masih kaku dalam bermain dan tidak gapah, dan sering jadi bahan bully. Penulis berpendapat kata Noob muncul dari para gamers yang kerap menulis Newbie dengan N00bie. Sehingga untuk memangil para noobie hanya memanggil kata Noob nya saja dan akhirnya istilah ini sering dipakai bahkan sudah memiliki arti sendiri, yaitu permainan yang bodoh atau buruk.

5. MVP
MVP merupakan singkatan dari Most Valuable Player adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut pemain terbaik dalam pertandingan game yang dimainkan.

6. PvP
PVP berarti Player Versus Player yang artinya pemain melawan pemain lain. Istilah ini sering digunakan dalam dunia game MMORPG.

7. Clan
Clan artinya kelompok, atau bisa dikatakan geng dalam game. Dalam beberapa game clan disebut juga Squad. Clan diketuai Clan Master dan diurus oleh staff-staff clan (penulis pernah juga jadi staff clan hehe)

8. Smurf
Smurf artinya akun kecil, yang merujuk pada gamers lama yang mengulang kembali dari level awal. Biasanya gamers lama yang membuat akun smurf hanya untuk tumbal membantu misi, bersenang-senang dengan bermain bersama para n00bie.

9. NPC
NPC singkatan dari Non-Player Character, yaitu carakter dalam game yang tidak kamu bisa kamu mainkan. Npc juga bisa dikatakan tokoh-tokoh dalam game yang tidak dikontrol pemain. Misalnya saja ketika kamu baru bermain game dan memasuki tutorial, pasti akan ada karakter yang memandu kamu supaya mengerti dan paham gameplay permainannya, nah itu namanya NPC. Kalau kamu bermain Harvest Moon, itu ada banyak sekali NPC yang bisa kamu temui

10. Toxic
Toxic berasalh dari bahasa inggris yang memiliki arti racun. Nah jika dalam dunia game online, toxic digunakan untuk menyebut player yang berkata kasar, merusak permainan atau strategi, mengolok-olok team atau lawan, menghasut yang sifatnya meracuni atau membuat permainan jadi buruk namun beberapa orang termotivasi jika ada yang toxic padanya dan bermain lebih baik setelah di hina oleh pemain toxic.

11. Cheat
Cheat memiliki arti curang. Ya tindakan ini sungguh menyenangkan bagi penggunanya namun merugikan pemain lainnya. Cheat gunanya untuk mempermudah kita menaikan level, mengalahkan lawan,memperkaya diri dan masih banyak lagi. Tindakan cheat untuk game offline tentu tidak masalah namun jika digunakan dalam game offline tentu ini sangat merugikan player lain, pengguna sangat mudah membunuh pemain lain namun yang bermain dengan skill asli tentu susah payah bahkan hilang selera bermain karena lawannya bermain curang (menggunakan cheat). Penulis menyarankan gunakanlah fitur cheat dengan bijak, yaitu tidak merugikan pemain lain.

12. GB
GB merupakan singkatan dari Game Boosting. Yang memiliki arti meningkatkan permainan, istilah ini digunakan untuk meningkatkan statistik pemainan pada akun game kita dengan pertolongan teman. Misalnya kamu baru main game dan level mu kecil, kamu ingin cepat naik level danmemiliki statistik yang bagus, tentu kamu harus bermain dengan teman mu yang sudah lama bermain, berpengalaman dan GG dalam bermain. Tentu dengan mudah kamu akan naik levelnya. Seiring perkembangan dunia game, istilah ini digunakan juga untuk menyebut “membantu”. Misalnya ada teman mu berkata “cuy GB misi yuk”, yang artinya bantu menyelesaikan misi.

Oke gaess, sekian artikel tentang beberapa istilah yang ada di dunia game. Mungkin jika ada yang keliru dalam penjelasan ingatkan penulis, agar segera penulis perbaiki demi kebaikan dan kejelasan artikel. Jikada pertanyaan atau masukan dilahkan tulis di kolom komentar yang sudah disediakan, jangan malu bertanya jangan sungkan untuk mencari. See you, sukses selalu!! 

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flashing Evercoss A74C Via SP Flashtool

Cara flash Evercoss Winner Y Smart U50 Via Research Download.exe.

Cara Flash Asus Zenfon C Z007 Via Adb Fastboot

Discoveri-Y D5 Nand MT6572_NAND_e118_lca-SW_20160803 official Firmware flash file Download, Dead recovery, Fix Hang On Logo, Fix monkey virus, Fix Sim managemant Hide, Fix Network problem.

Cara Hardreset Samsung J4 Plus Yang Lupa Pola

Cara Mudah Flash Realme C1 Via QPST/QFIL Tool