Arti Inflasi, Surplus, dan Pailit

Hay gaess, Tabik pun. Terimakasih sudah mengklik artikel ini. Kali ini penulis selaku pengembang blog ini kebetulan sedang tertarik membahas beberapa istilah seperti yang sudah disebutkan pada judul. Yap istilah Inflasi, Surplus, Pailit merupakan beberapa istilah yang tidak asing ditelinga kita, hanya saja kurang akrab di beberapa telinga orang yang kurang mengetahui artinya. Banyak yang sering mendengar ketiga istilah itu tetapi tidak mengetahui artinya. Ketiga istilah tersebut serig dipakai dalam bidang ekonomi, karena penulis memiliki rasa penasaran dan mungkin ini berguna untuk pembaca penulis akan menjelaskan arti dari ketiga istilah tersebut. Mari langsung ke point pertama:

1. Inflasi
Inflasi merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan ekonomi suatu negara dimana terjadinya kenaikan harga-harga barang dan jasa dalam waktu yang cukup panjang disebabkan karena tidak seimbangnya antara uang dan barang. Kenaikan harga yang sifatnya sementara tidak termasuk dalam Inflasi, misalnya kenaikan harga menjelang bulan puasa, kenaikan harga menjelang lebaran, kenaikan harga menjelang tahun baru. Pada umumnya inflasi terjadi karena jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak daripada barang yang tersedia. Hal ini pernah terjadi di negara Zimbabwe, dimana negara tersebut ingin mengatasi kemiskinan dengan mencetak uang sebanyaknya lalu dibagikan ke masyarakat, hal ini malah menyebabkan inflasi besar-besaran, karena jumlah uang yang ada di masyarakat lebih banyak dengan jumlah barang yang dibutuhkan dan tersedia di pasaran, alhasil harga-harga barang di pasaran naik drastis.

2. Surplus
Surplus juga merupakan suatu istilah dalam ekonomi, jika diterjemahkan dari bahasa inggirs, surplus memiliki arti kelebihan. Dalam KBBI Surplus artinya jumlah yang melebihi hasil biasanya;berlebihan. Jadi bisa dikatakan surplus ini artinya untung atau lebih.Misalnya lampung pada tahun ini merupakan salah satu daerah surplus pisang. Arti pada contoh tersebut adalah hasil pisang di Lampung melimpah atau surpus atau lebih. Lebih mudahnya untuk menangkap arti surplus ialah lebih banyak pemasukan daripada pengeluaran

3. Defisit
Defisit merupakan lawan kata dari surplus, yaitu besarnya pengeluaran daripada pengeluaran. Tau istilah besar pasak daripada tiang kan? Nah itu peribahasa yang menggambarkan situasi defisit. Defisit merupakan suatu keadaan di organisasi atau negara memiliki pengeluaran besar daripada pemasukan.

4. Pailit
Dalam KBBI pailit memiliki arti jatuh (tentang perusahaan dan sebagainya); bangkrut;jatuh miskin. Jadi bisa kita tarik kesimpulan pailit merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi bangkrut pada perusahaan atau organisasi.

Oke gaess terimakasih sudah membaca artikel ini, jika ada kesalahan mohon koreksi dan ingatkan penulis agar penulis segera meralatnya dan jika ada masukan jangan sungkan untuk meninggalkan pesan pada kolom yang sudah disediakan. Sukses selalu!!

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flash Evercoss Winner Y Smart U50 Via Research Download.exe.

Cara Flash Asus Zenfon C Z007 Via Adb Fastboot

Arti Impak dan Infak

Cara flashing Evercoss A74C Via SP Flashtool

Cara Flash LG G5 SE H845 Via KDZ Flashtool

Cara Flash Update lenovo P90 Menggunakan Via SPFT