Arti Sarana, Prasarana dan Perbedaannya

Hey semua, apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan selalu punya rasa penasaran. Seperti pada judul, tentu banyak yang tahu tentang sarana maupun prasarana. Lalu apa yakin tahu akan kedua istilah ini? Ada banyak sekali orang kerap mengucapkan sarana dan prasarana apakah mereka tahu arti dari keduanya? Istilah ini sering dikatakan banyak orang tua yang hendak menyekolahkan anak mereka. Setiap orang tua pertama kali menilai sekolah dari sarana dan prasarana, yapp tentu banyak orang tua ingin anak mereka belajar dengan nyaman dan aman dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Nah untuk kamu yang penasaran apasih arti dari sarana dan prasarana, mari simak penjelasannya di bawah.

a. Sarana
Dalam KBBI, Sarana memiliki arti segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan; alat; media. Jadi untuk lebih mudahnya kita sebut saja sarana ini adalah alat atau media yang digunakan untuk memudahkan maksud atau tujuan tertentu. Misalnya sarana pendidikan yang kita artikan sebagai alat untuk memudahkan untuk mencapai tujuan pendidikan, sarana pendidikan misalnya buku, komputer, meja, pulpen, kursi dll.
b. Prasarana
Dalam KBBI, Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya). Jadi bedanya dengan sarana ialah prasarana merupakan alat penunjang untuk mencapai suatu tujuan yang prosesnya menggunakan sarana (alat).

Dari kedua penjelasan di atas masih bingung? Untuk lebih gampangnya sarana alat yang digunakan sedangkan prasarana yang memberi jalan untuk sarana agar bisa digunakan. Simak contoh ini :

Sarana Pendidikan
Sarana (alat) : meja, kursi, buku, komputer.
Prasarana (alat penunjang): gedung, perpustakaan, kelas, ruang lab.

Sarana olahraga
Sarana (alat): bola, raket, net, sepatu, sepeda, kacamata renang.
Prasarana (penunjang): lapangan, gedung olahraga, kolam renang.


Jadi kita bisa simpulkan sendiri sarana itu kecil dan prasarana sangat besar, itu untuk lebih mudah menangkap kedua kata tersebut. demikian penjelasan penulis semoga bermanfaat dan jangan lupa beri masukan kepada penulis jika ada kekeliruan, supaya penulis dapat segera merevisi tulisan ini. Terimakasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flash Evercoss Winner Y Smart U50 Via Research Download.exe.

Cara Flash Asus Zenfon C Z007 Via Adb Fastboot

Arti Impak dan Infak

Cara flashing Evercoss A74C Via SP Flashtool

Cara Flash LG G5 SE H845 Via KDZ Flashtool

Cara Flash Update lenovo P90 Menggunakan Via SPFT