Arti Resign, SP, PHK, Shift, Lembur dan Cuti Dalam Dunia Kerja



Hay Gaess, terimakasih sudah kepo dengan istilah-istilah yang telah disebutkan dijudul dan mau berkunjung ke blog saya yang alakadarnya ini hehe. Oke gaess kali ini tidak tau kenapa penulis selaku pengembang blog ini lagi suka membahas tentang dunia kerja. Maklum penulis baru aja di wisuda dan penasaran dengan istilah-istilah yang ada dalam dunia kerja yang sering dikatakan orang The Real World atau dunia yang sebenarnya. Oke langsung aja kita bahas

1. Resign
Oke istilah ini tentu tidak asing kan di telinga para pemuda yang sudah bekerja. Istilah ini bisa dikatan diambil dari bahasa inggris yang artinya “mengundurkan diri”, yaa tentu kalo di dunia kerja berarti keluar dari tempat kerja dengan alasan tertentu.

2. SP
Istilah yang kedua ini mungkin kalo di dunia anak sekolah artinya Surprize atau kejutan. Tapi kalau di dunia kerja memiliki arti yang kurang mengenakan jika kita mendapatkannya. Yapp SP dalam dunia kerja memiliki arti “Surat Peringatan”. Surat ini diberikan untuk karyawan atau pekerja di perusahaan yang kurang disiplin, pernah melanggar aturan, atau tindakan kurang baik di tempat kerja. Surat ini biasanya berupa teguran bahkan ancaman pemecatan, hal ini agar pekerja tidak mengulangi kesalahan atau kelakuan yang kurang baik di tempat kerja yang dapat merugikan perusahaan ataupun pekerja lain.

3. PHK
Kalau yang ketiga ini merupakan singkatan dari “Pemutusan Hubungan Kerja” atau bahasa kasarnya pemecatan yaitu suatu kondisi perusahaan memberhentikan pekerjanya karena suatu hal, bisa karena kebangkrutan, pemangkasan pekerja, atau karena pekerjanya kurang disiplin atau memiliki masalah dalam perusahaannya.

4. Shift  
Istilah yang ke empat ini merupakan suatu sistim kerja yang membagi waktu kerja berdasarkan jam kerja yang sudah ditentukan perusahaan. Shift bisa juga dikatakan pengalihan tugas kerja, sistim shift sering diberlakukan pada pabrik-pabrik, hal ini dikarenakan banyaknya pesanan yang diterima perusahaan sehingga membuat pabrik untuk terus bekerja menghasilkan barang pesanan, karena pekerjanya bukanlah robot melainkan manusia maka sistim pengalihan jam kerja ini diberlakukan, dan sangatlah efektif sistim ini dengan menjaga kestabilan produksi dan tenaga kerjanya.

5. Lembur
Nah untuk istilah ini sering sekali banyak orang salah mengartikan, orang selalu mengartikan Lembur adalah kerja malam. Yap, memang lembur kebanyakan terjadi saat malam, padahal lembur memiliki arti pekerjaan dinas yang dikerjakan di luar jam (waktu) dinas (berdasarkan KBBI). Jadi misalnya pekerja A memiliki jam kerja dari jam 8 sampai jam 3 sore. Akan tetapi karena diberi tugas tambahan, pekerja A mengerjakan tugas tambahannya dan selesai pada jam 5 sore, nah 2 jam tambahan yang dilakukan oleh pekerja A sudah termasuk Lembur. Oleh sebab itu kebanyakan pekerja selalu bekerja sampai malam, dan orang kebanyakan mengartikan lembur itu kerja malam, padahal lembur tidak selalu terjadi pada malam hari. Biasanya pekerja yang melaksanakan lembur dapat upah lembur.

6. Cuti
Nah untuk istilah yang terakhir ini memiliki arti pekerja meninggalkan pekerjaan beberapa waktu secara resmi atau telah meminta izin kepada atasannya untuk berlibur dan diizinkan untuk beristirahat atau karena alasan lain. Biasanya cuti sering digunakan untuk beristirahat dari pekerjaan dan berkumpul bersama keluarga, bisa juga karena mengurus  kerabat keluarga ada yang sakit, bulan madu atau lain sebagainya.


Oke gaes yang demikian pembahasan bebrapa istilah yang ada pada dunia kerja. Jika kalian ada pertanyaan lain silahlan tinggalkan komentar di bawah, diusahakan penulis selaku pengembang blog akan menambahkan istilah-istilah yang belum masuk daftar di atas. Sekian terimakasih dan semoga sukses selalu untuk kalian.



Postingan populer dari blog ini

Cara Download Video YouTube Via Browser Ponsel

Cara flash Evercoss Winner Y Smart U50 Via Research Download.exe.

Cara Flash Asus Zenfon C Z007 Via Adb Fastboot

Arti Impak dan Infak

Cara flashing Evercoss A74C Via SP Flashtool

Cara Flash LG G5 SE H845 Via KDZ Flashtool

Cara Flash Update lenovo P90 Menggunakan Via SPFT